Minggu, Januari 01, 2012

Opini.. STRESS

Opini..

S t r e s s!!

Stres di kalangan mahasiswa..

Istilah ini selalu hadir dalam banyak masalah yang dihadapi, mulai dari tugas kuliah yang menumpuk, kemacetan yang melanda saat berangkat ke kampus, bahan ujian yang begitu membebani, laporan, hingga pertengkaran dengan ‘pacar’. Ketika pikiran dan emosi terganggu akibat berhadapan dengan masalah-masalah tersebut, muncul satu kata yang seakan jadi ‘mahluk’ paling berdosa atas hal-hal yang terjadi. Kata tersebut adalah stress.

Apa itu STRES? ”Stres” adalah suatu keadaan dimana ”mental” kita lelah (kelelahan mental). Stres dapat didefinisikan sebagai kondisi dan respon dari tubuh maupun pikiran, yang dapat merugikan sistem tubuh, seperti menimbulkan penyakit atau, yang paling parah, berujung pada kematian.

Hal-hal yang menyebabkan stres dikalangan mahasiswa..

Time Management. Kebiasaan hidup dengan tergesa-gesa. Time management yang buruk membuat seorang mahasiswa seringkali terlambat mengikuti kuliah, tidak mengumpulkan tugas pada waktunya, hingga sulit memiliki waktu belajar akibat aktivitas harian yang tak direncanakan.

Gaya Hidup dan Budaya Hambatan Keuangan. Keuangan tidak hanya diperlukan untuk biaya akademis, namun juga untuk mendanai gaya hidup yang baru (shooping, nonton dll). Pikiran tak lagi bisa fokus pada kuliah, melainkan terganggu oleh segala keinginan yang tak tercapai akibat segi finansial kurang mencukupi.

Akulturasi dan Isu Ras. Kampus seringkali menjadi tempat berkumpulnya mahasiswa dari berbagai tempat, baik itu dalam suatu negara maupun lintas negara. Hal ini menjadi masalah sendiri bagi mahasiswa minoritas yang seringkali merasa tersisih dan diabaikan oleh mahasiswa dari golongan mayoritas. Sehingga, muncul perasaan diasingkan, kesepian, tak percaya diri, dan minder.

Demam Ujian. Banyak mahasiswa merasa begitu gugup ketika akan menghadapi ujian. Perasaan cemas, was2 ditambah dengan perut yang tiba2 sakit, keringat dingin, serta gemetaran. Banyak faktor yang melatarbelakangi hal tersebut. Mulai dari persiapan untuk ujian yang tidak matang, kurang percaya diri, atau tuntutan. Akibatnya, hasil ujian seringkali tidak memuaskan. Hal ini akan memberi beban stress lebih kepada mahasiswa yang mengalaminya.

Overload, Beban yang Berlebihan. Tuntutan akademis kuliah tidak jarang begitu berat dan sangat menyengsarakan mahasiswa. Mahasiswa merasa dituntut untuk meraih pencapaian yang telah ditentukan. Tuntutan ini dapat memberi tekanan yang melampaui batas kemampuan si mahasiswa itu sendiri. Ketika hal ini terjadi, maka overload tersebut akan “mengundang” stress, dalam bentuk kelelahan fisik atau mental, daya tahan tubuh menurun, dan emosi yang mudah “meledak-ledak.”

Cara Menangani Stres!!!

1. Buka diri anda terhadap lingkungan sosial

Jangan pernah merasa minder, rendah diri, atau diasingkan. Yakinlah, bahwa tiap pribadi begitu unik. Termasuk juga anda. Jadi, semangatlah menghadapi hari-hari dalam kuliah sebagai mahasiswa.

2. Lakukan berbagai aktivitas yang memberi pengaruh positif.
Melibatkan diri dalam kesibukan di luar kuliah akan menjadi obat ampuh untuk memanage stress. Bergabung dalam kegiatan yang ada di kampus memberi banyak keuntungan. Bakat semakin terasah, dan pikiran pun tidak lagi disibukkan oleh berbagai kekhawatiran. Dan yang pasti, relasi sosial akan semakin berkembang.

3. Saving money and time management

Selalu sisihkan uang anda secara teratur dan bijaksana. Dan buatlah jadwal harian ini akan membuat hidup lebih teratur. Lebih baik lagi bila kita bisa membuat rencana jangka panjang ini akan membuat hidup lebih terarah dan terencana.

4. Berlatih dan belajar

Ketahui kelemahan diri anda, kemudian perbaikilah. Kuasai diri sendiri dan terus berusaha menjadi lebih baik.

5. Kendalikan emosi dan hindari reaksi yang berlebihan

Mulailah untuk hidup tenang. Aturlah hidup anda sedemikian rupa sehingga emosi anda menjadi lebih stabil. Jangan anggap kuliah sebagai beban, tetapi jadikan itu sebagai pengalaman hidup berharga yang menyenangkan bagi anda.

6. Jangan ragu meminta tolong

Mintalah saran dan pertolongan dari teman untuk memecahkan masalah kuliah anda. Jangan pendam sendiri segala keluh kesah yang menghampiri anda. Bercerita tentang kesulitan-kesuliatan yang sedang dialami seringkali menjadi alternatif yang baik untuk membuat perasaan menjadi lebih nyaman dan beban pikiran berkurang.

7. Alihkan Pandangan dari Rutinitas

Mulailah mencari penyegaran (jalan-jalan, berlibur dll), agar diri anda lebih fresh dan siap menghadapi aktivitas kuliah dengan maksimal.

8. Menerapkan semua yang diatas dalam kehidupan.


Perlu diingat: Penanganan yang tepat terhadap akibat stress akan menjadikan stress sebagai sarana untuk mengoptimalkan diri kita. Jadi, jangan berusaha menghilangkan stress, namun tangani stress secara tepat dan jadilah mahasiswa produktif dan sukses. (RJ)
Sumber: http://all-about-stress.com/ 2008/02/16/menyiasati-stres-dalam-dunia-perkuliahan/

0 komentar:

Posting Komentar